Apa Itu FACEBOOK Ads? Berikut Pengertiannya Dan Cara Penggunaannya


Facebook Ads adalah salah satu tools menjanjikan yang bisa Anda gunakan untuk mengembangkan bisnis secara online, mengingat pengguna Facebook di Indonesia yang sangat besar. Di kutip dari halaman blog.rumahweb.com

Berdasarkan survey Katadata, Indonesia berada di urutan kedua sebagai negara dengan pengguna Facebook terbanyak di dunia. Setidaknya terdapat lebih dari 175 juta pengguna Facebook di Indonesia, alias lebih dari setengah total populasi yang ada! 

Peluang ini tentu sayang untuk dilewatkan, terutama bagi para pebisnis. Karenanya, Facebook Ads bisa diandalkan untuk memanfaatkan peluang tersebut. Sebelum membahas lebih jauh, mari kita simak terlebih dahulu pengertian Facebook Ads berikut ini. 

Apa itu Facebook Ads 

Facebook Ads adalah layanan beriklan dengan pengguna Facebook sebagai audiensnya. Tidak sedikit pelaku usaha, brand, bahkan publik figur, yang menggunakan layanan ini untuk mempromosikan produk atau jasanya. Biasanya Facebook Ads terletak pada sidebar atau beranda Facebook. 

Iklan yang muncul di platform media sosial ini juga bermacam-macam. Jika dilihat dari tujuannya, ada iklan yang berfungsi untuk mengejar traffic, impression, lead, atau lainnya. Sedangkan dilihat dari bentuknya, terdapat iklan yang berbentuk gambar dan video. 

ALTERNATIF IKLAN selain Google Adsense, Klik DISINI untuk mempelajari

Tak hanya jangkauan konsumen yang lebih luas, Facebook Ads adalah salah satu media promosi yang juga memiliki segudang kelebihan. Apa saja kelebihan dari Facebook Ads ini? 

BACA JUGA: Cara Memperbaiki Akun Facebook Yang Tidak Direkomendasikan Meta Facebook

Kelebihan Facebook Ads

Tentu, banyak alasan di balik booming-nya penggunaan Facebook Ads di kalangan pelaku usaha. Sebagian besar karena kelebihan yang ditawarkan oleh layanan ini. Beberapa kelebihan yang patut Anda perhitungkan ketika memilih Facebook Ads di antaranya: 

1. Pengguna Aktif Facebook tidak hanya memiliki kelebihan dalam jumlah penggunanya, namun juga dari segi keaktifan pengguna itu sendiri. Riset terbaru Hootsuite dan We Are Social menyebutkan bahwa Facebook menjadi platform kedua yang paling sering digunakan oleh peselancar dunia maya. Waktu yang dihabiskan untuk bermain Facebook bahkan bisa mencapai 17 jam per bulan. 

2. Pemasaran yang Lebih Luas karena Demografi yang Beragam Kelebihan lain dari Facebook Ads adalah demografi pengguna yang beragam. Facebook menawarkan target audiens yang dari berbagai golongan, misalnya dari kelompok usia (remaja, dewasa, bahkan lansia) atau jenis kelamin (laki-laki dan perempuan). 

3. Target Lebih Spesifik Dengan adanya demografi beragam tadi, Anda tentu bisa memasarkan bisnis secara lebih spesifik. Target bisa lebih dikerucutkan berdasarkan usia, lokasi, minat, hingga hobi. 

4. Remarketing Keunggulan selanjutnya dari Facebook Ads adalah fitur remarketing. Artinya, target audiens bisa melihat iklan Anda di Facebook dan di website atau aplikasi lain yang bekerja sama dengan Facebook. 

5. Biaya Layanan yang Terhitung Murah Jika dibandingkan dengan tools iklan lain, Facebook Ads adalah layanan iklan yang terhitung cukup murah. Anda bisa mulai beriklan di Facebook Ads hanya dengan Rp10ribu per hari. Dengan manfaat yang ditawarkan, Facebook Ads tentu menjadi tools baru yang sangat berpotensi dalam mencapai tujuan marketing anda. Namun, tak bisa dipungkiri jika Facebook Ads juga memiliki beberapa kekurangan. 

Kekurangan Facebook Ads 

Beberapa kekurangan yang tak kalah penting untuk diperhatikan dalam layanan Facebook Ads adalah sebagai berikut: 

1. Iklan Terkadang Tidak Relevan Kekurangan yang biasa ditemui dalam Facebook Ads adalah iklan yang tidak relevan. Misalnya ketika Anda beriklan dalam kategori 1, tetapi iklan Anda muncul bersama iklan lain dari kategori yang berbeda. Penataan iklan yang campur aduk atau tidak teratur itu bisa membingungkan pengguna Facebook, bahkan terkesan mengganggu. 

2. Sulit Menangkap Perhatian Keberagaman pengguna Facebook tentu juga sejalan dengan tujuan mereka dalam mengakses media sosial tersebut. Ada yang tujuannya untuk berinteraksi dengan teman, bermain game online, atau berbelanja. Karena ketertarikan yang berbeda itulah, iklan Facebook tidak selalu dilirik oleh pengguna. Hal ini dapat berdampak pada klik dan tingkat konversi yang agak rendah dibanding layanan iklan lain. Oleh karena itu, Anda harus bisa mengemas iklan secara jelas, singkat, dan unik, agar bisa menarik perhatian calon konsumen. 

Baca juga artikel : 5 Situs Iklan Cpa Network Terbaik Dan Terbukti Membayar

Cara Membuat Facebook Ads 

Terdapat 4 tahap yang perlu Anda ikuti saat ingin membuat Facebook Ads: 

1. Membuat Facebook Page Langkah pertama untuk membuat Facebook Ads adalah dengan membuat halaman di Facebook terlebih dahulu. Facebook Page adalah halaman yang akan memuat informasi dan keterangan seputar bisnis Anda. Terdapat dua pilihan page, yaitu “Bisnis atau Merek” dan “Komunitas atau Tokoh Masyarakat”. Simak panduan membuat Facebook Ads pada video berikut ini: Daftar Instagram Bisnis dan Menyambungkannya ke FB Page  

2. Masuk ke Halaman Facebook Ads Manager Setelah memiliki Facebook Pages, selanjutnya Anda bisa melanjutkan dengan login ke Facebook Ads Manager untuk membuat iklan melalui akun Facebook. Jangan lupa pastikan Anda login menggunakan akun Facebook yang tersambung dengan Facebook Page. 

3. Buat dan Tentukan Kampanye Iklan Terdapat tiga alur dasar untuk membuat iklan di Facebook, yaitu campaign, ad set, dan ad. Campaign berisi satu tujuan yang spesifik, ad set berisi target audiens yang dituju, sedangkan ad berisi gambar, link, atau teks yang ingin Anda promosikan. 

4. Lakukan pembayaran Tahap terakhir dalam membuat Facebook Ads adalah pembayaran. Anda bisa memilih metode pembayaran secara kredit maupun debit. Caranya, cukup isi data kartu kredit atau debit yang ingin digunakan. 

Cara Menggunakan Facebook Ads 

Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah tidak semua pengguna bisa langsung menggunakan Facebook Ads. Biasanya, pihak Facebook akan melakukan verifikasi data terlebih dahulu. Pastikan Anda melengkapi seluruh data dengan benar, agar proses verifikasi berjalan dengan lancar. 

Setelah memiliki akun Facebook Ads, Anda kini bisa mulai beriklan dengan Facebook Ads. Beberapa langkah yang perlu Anda ketahui dalam menggunakan Facebook Ads adalah sebagai berikut: 

1. Buka halaman Facebook Ads Manager menggunakan akun Facebook Pages Anda. 

2. Buka menu Kampanye > klik Buat Iklan. Terdapat 11 opsi iklan yang dapat dipilih. Carilah yang paling sesuai dengan tujuan iklan Anda Langkah selanjutnya dalam membuat Facebook Ads adalah memberi nama campaign iklan. 

3. Selanjutnya, menentukan audiens sesuai dengan target bisnis. Anda bisa menentukan target berdasarkan jenis kelamin, usia, bahasa, dan masih banyak lagi.

4. Pilih di mana iklan ingin ditayangkan, misalnya pada timeline Facebook, Facebook Messenger, atau Instagram. 

5. Atur budget untuk menjalankan iklan, termasuk jadwal penayangan iklan.

6. Masukkan konten iklan. Konten ini bisa berupa teks, gambar, atau video/ 

Facebook Ads adalah tools yang tidak boleh Anda lewatkan. Bagi Anda yang ingin mendalami lebih jauh tentang penggunaan Facebook Ads ini, Rumahweb sudah rangkum panduan lengkapnya pada artikel berikut ini Panduan Lengkap Cara Menggunakan Facebook Ads. Selamat mencoba!

0 Response to "Apa Itu FACEBOOK Ads? Berikut Pengertiannya Dan Cara Penggunaannya"

Post a Comment