Optimasi Seo Post Dengan 13 Checklist Ini Sebelum Publish Di Blog

13 Checklist Sebelum Postingan Publish Di Blog

Apa yang membuat sebuah blog ramai dan sukses?

Jawabannya adalah konten original yang berkualitas dan sesuai dengan buyer’s personal. Dunia maya adalah ladang persaingan informasi, Para blogger bersaing satu sama lain dalam menyediakan konten sempurna untuk pengguna internet. Terutama blog yang diciptakan untuk menghasilkan uang atau blog perusahaan yang ingin membangun brand dan meningkatkan penjualan.

Pemenangnya akan mendapatkan semuanya : popularitas, uang, brand, dan yang terpenting, kepercayaan. Jadi, sangat penting untuk memastikan kesempurnaan konten yang kita terbitkan.

Sedikit saja cacat pada konten, Anda akan kehilangan semuanya : Potensi SEO, tambahan pengunjung, leads, atau pengalaman tidak menyenangkan bagi pengunjung dan itu buruk bagi kelangsungan blog. Oleh karena itu, pastikan sobat menggunakan checklist berikut sebelum postingan publish di blog. 

Optimasi Seo Post Dengan 13 Checklist Ini

1. Periksa Ejaan dan Tata Bahasa

Menulis dan mengedit tidak bisa dilakukan secara bersamaan. Jika belum terbiasa melakukan editing dan sering melewatkannya, maka sobat perlu membaca ulang tulisan itu sebelum postingan publish di blog.

Pastikan tidak ada salah ketik. Pastikan tidak ada kalimat yang tidak nyambung. Dan jika memungkinkan, pastikan juga tulisan sobat sudah menggunakan kata-kata baku.
Walaupun terkesan remeh, efeknya sangat besar bagi kelangsungan bisnis maupun personal. Terutama blog dengan target pengunjung orang berpendidikan tinggi dan pelaku bisnis.

Ejaan yang bagus dan tata bahasa yang baik akan menonjolkan nilai profesionalisme di mata pengunjung. Dan itu bagus bagi brand yang sedang di jual.

2. Apakah Judul Sudah Bagus dan Menarik?

Judul merupakan sebuah janji. Orang-orang melakukan klik karena tertarik dengan judulnya. Sangat masuk akal jika judul yang bagus akan meningkatkan pageview suatu halaman. Tapi Anda juga menerapakan satu aturan “Jika Anda membuat sebuah janji, maka sebaiknya Anda menepatinya”.

Hal seperti ini sudah cukup banyak terjadi setelah di amati dari judul yang bombastis. Sayangnya tidak dibarengi dengan konten sebombastis judulnya. Dan hal semacam itu hanya memberi kekecewaan bagi pembaca. Jadi, gunakan judul dengan bijak.

3. Apakah Sudah Memakai Gambar dan Mengisi Alt Tags?

Psikologi membaca online dan membaca buku sangat berbeda. Jika orang membaca buku karena ia memang tertarik dan fokus, maka pembaca konten online tidak demikian.

Pembaca online akan lebih cepat bosan dan lelah apabila disuguhi halaman yang penuh dengan teks. Gambar akan membunuh rasa bosan tersebut. Itu mengapa sebisa mungkin sebelum postingan publish di blog, pastikan untuk mencari gambar yang sesuai untuk postingan-postingan di blog sobat. Tugasnya belum berakhir setelah sobat menambah gambar. sobat juga perlu mengoptimalkan gambar dengan mengisi kolom ALT Tags agar konten itu juga memiliki kekuatan SEO. Masukan kata kunci yang relevan sesuai konten.

4. Apakah Judul Sudah 50-60 Karakter?

Memastikan judul sepanjang 50-60 karakter adalah suatu keharusan. Itu adalah panjang optimal judul. Seandainya menggunakan terlalu sedikit karakter, pembaca tidak akan tertarik dan tidak tahu apa isi konten itu.

Dan jika judul lebih dari 60 karakter, maka itu sama buruknya. Judul yang terlalu panjang akan terpotong di halaman hasil pencarian. Hal itu menyebabkan jumlah orang yang melakukan klik berkurang. Karena blog sobat akan tampak tidak menarik.

5. Apakah Meta Deskripsi Telah Optimal?

Meta deskripsi adalah deskripsi singkat yang muncul di bawah judul ketika tampil di mesin pencari (juga disebut sebagai snippet) dan media sosial.

Akan terlihat seperti ini di halaman hasil pencarian
13 Checklist Sebelum Postingan Publish Di Blog
Bacarial.Com

Dan akan terlihat seperti ini di media sosial
Menurut Moz, panjang meta deskripsi optimal adalah sepanjang 150-160 karakter. Apapun yang lebih panjang dari hal tersebut akan dipotong oleh Google sehingga tidak mendapat hasil yang optimal. Fungsi meta deskripsi adalah memberi petunjuk kepada pengguna mesin pencari bahwa hasil pencarian relevan dengan kata kunci yang diketik. Semakin bagus meta deskripsi, semakin banyak klik yang di dapatkan.

6. Apakah Paragraf Pembuka Merangsang Keingintahuan Pembaca?

Bagian yang paling penting setelah judul adalah paragraf pembuka. Master copywriter Eugene Schwart sering menghabiskan sepanjang minggu untuk 50 kata pertama copy penjualan –  Judul dan paragraf pembuka.

Meskipun sobat memiliki isi konten yang paling menarik di dunia, bukan berarti sobat bisa langsung menulis isinya tanpa paragraf pembuka yang merangsang minat baca pengunjung.

Pengunjung butuh pemanasan. Dan itu adalah tugas paragraf pembuka. Jadi, buat paragraf pembuka yang menarik sehingga pembaca penasaran untuk membaca sisanya.

7. Apakah Sudah ada Internal Link dan Eksternal Link?
Konsep internet ada karena halaman yang satu terhubung satu sama lain, baik itu dalam situs sendiri maupun situs lain. Itulah kekuatan hyperlink, menghubungan informasi yang satu dan informasi lainnya yang masih saling terkait satu sama lain.

Internal link berguna untuk meningkatkan pageview dan menurunkan bounce rate. Jangan pernah lupa untuk menaruh 2-3 link menuju konten lama. Selain untuk memanjakan pembaca dengan berbagai informasi yang masih relevan, internal link mampu meningkatkan SEO.

Jika belum memahami bagaimana menggunakan internal link, maka petujuk Neil Patel dalam “ Neil Patel’s Guide to Internal Link” akan membuat sobat memahami bagaimana melakukannya. Eksternal link juga termasuk salah satu faktor yang mampu meningkatkan visibilitas blog menurut beberapa penelitian tentang SEO.

Dan yang terpenting, menyertakan eksternal link menuju situs-situs bereputasi baik akan meningkatkan kepercayaan pengunjung blog Anda. Karena kepercayaan adalah segalanya bagi bisnis online.

8. Apakah Kata Kunci Telah Tersebar Di Tempat Strategis?

Kata kunci masih faktor yang diperhitungkan untuk mendapatkan rangkin tinggi di search engine result page. Tapi perlu diingat, jangan melakukan tindakan spam dengan menyertakan kata kunci secara membabi buta.

Beberapa tempat strategis untuk menyebarkan kata kunci antara lain:

Judul Konten Url Meta deskripsi Sub Judul 100 kata pertama dalam konten Tersebar 2 atau 3 kali di dalam isi postingan Alt Tags. Jika melakukannya, maka kekuatan SEO akan menjadi lebih baik lagi.

9. Memaksimalkan LSI

Secara sederhana, LSI adalah menyertakan kata kunci lain yang masih berhubungan dengan kata kunci yang sobat targetkan. Misalkan saya mengetik kata kunci “Tips menulis”, maka sobat bisa melakukan scroll ke bagian bawah dan akan menemukan kata-kata seperti gambar berikut:
13 Checklist Sebelum Postingan Publish Di Blog
Bacarial.Com
​Itu yang disebut LSI. Selanjutnya adalah memasukan kata-kata tersebut ke dalam konten. Tujuannya adalah memastikan konten kita bisa muncul untuk kata kunci lain yang masih berhubungan dengan isi konten. Atau sobat bisa melakukan secara manual dengan mengikutsertakan sinonim dalam kata kunci target.

10. Jangan Lupa Masukan Konten Di Kategori dan Tambahkan Tags

Bagian paling menjengkelkan ketika mempublikasikan artikel adalah lupa menempatkan kategori atau lupa tidak memberi tags pada setting. Konten-Konten yang ditempatkan dalam suatu kategori akan memudahkan pengunjung menjelajahi situs atau blog sobat.
Lagipula, apabila ada konten-konten dengan kategori yang sama, akan muncul di bawah postingan secara otomatis (related post default blogger.com) atau related post plugins yang sobat gunakan.

Begitu pula dengan tags. Bahkan blogger.com merekomendasikan kita untuk menggunakan tags dan kategori agar konten kita lebih terlihat di mesin pencari.

11. Apakah Sudah Ada Call To Action?

Call to action adalah tindakan apa yang selanjutnya akan pembaca lakukan setelah membaca postingan. Beberapa contoh call to action yang biasa digunakan bloger pro antara lain:

" Berkomentar di Blog "
Jika ingin meningkatkan jumlah komentar, maka minta pembaca berkomentar di bagian akhir postingan.

" Mendownload E-book Gratis "
Produk gratis merupakan salah satu cara efektif agar blog kita lebih terkenal. Jika memilikinya, jangan lupa menaruh link untuk mendownloadnya dalam konten itu.
" "Menjadi Subscriber " Sobat juga bisa meminta pembaca untuk berlangganan blog kita dengan menaruh kotak pendaftaran di tempat yang mudah terlihat (biasanya di bagian terbawah komentar atau sidebar). Dan perlu mengingatkan pembaca dalam konten yang dipublikasikan.

" Membeli Produk atau Jasa "
Jika tingkat loyalitas pembaca sudah tinggi, sesekali sobat boleh membuat postingan untuk mempromosikan produk atau jasa sesuai keahlian.

Jika semuanya berjalan lancar, maka akan mendapatkan hasil yang memuaskan karena rajin mengingatkan pembaca tentang apa yang harus dilakukan segera setelah menyelesaikan bacaan.

12. Apakah Konten Sudah Scannable

Menurut penelitian orang-orang membaca web seperti pola huruf F. Mereka tidak membaca kata per kata. Oleh karena itu, memastikan konten sobat bersifat scannable adalah sebuah keharusan.

Beberapa cara untuk membuat postingan scannable antara lain :

*Beri perhatian pada judul
*Gunakan Sub-Heading
Buat daftar atau list (seperti artikel ini)
*Pasang link dengan baik
*Gunakan gambar
*Gunakan paragraf pendek
*Jangan lupa blockquote
*Jangan terlalu banyak ide dalam satu postingan

Dengan melakukannya, pembaca akan lebih mudah memindai konten itu dan segera mendapatkan apa yang mereka cari. Dan jika mereka senang, maka mereka akan sering kembali berkunjung lagi ke blog kita.
 
13. Konsisten Pada Konten

Jangan mencampur isi konten dengan sembarangan, misalnya konten blog tentang "berita" di campur dengan konten "download lagu mp3" atau "download video tiktok" itu jangan karena membuat pengunjung tidak suka, tapi mungkin ada juga yg suka. Kalo pengunjungnya anak ABG Jaman Now (hehe)

Kesimpulan nya

Bagaimana? Cukup banyak bukan yang harus dilakukan untuk menciptakan konten sempurna bagi audiens kita. Tapi semuanya sepadan, dengan terus memproduksi konten-konten berkualitas yang dioptimasi dengan baik akan membuat blog menjadi lebih baik. 

Dan blog yang lebih baik akan memenangkan hati pembaca. Pengunjung dan Pageview pun meningkat secara terus menerus.

Tapi melakukannya butuh kesabaran. Hanya jika mau bersabar melakukan 13 checklist di atas. Jangan khawatir, itu akan segera hafal di luar kepala jika terus melakukannya. Optimasi Seo Post Dengan 13 Checklist Ini . Selamat bekerja.

Bagian mana yang tidak Anda pahami? Atau Anda punya ide lain tentang 13 checklist sebelum postingan publish di blog? Bagikan di kotak komentar. semoga bermanfaat:)


Baca Juga Artikel Populer Lainnya :

1 Response to "Optimasi Seo Post Dengan 13 Checklist Ini Sebelum Publish Di Blog"

  1. Tutorial yang sangat bermanfaat. Untuk informasi seputar korea bisa dilihat di www.oppakabar.online

    ReplyDelete